Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat DKV adalah cabang ilmu
desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik
dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk
menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun
tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini
adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara
efektif, informatif dan komunikatif.
Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV.
Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan
(bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari
individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual
berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif,
efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada
sasaran.
Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.
Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya
seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni
yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan
dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang
disasar (target audience).
Prospek Kerja DKV
Prospek kerja lulusan studi Desain Komunikasi Visual ini sangat beragam, tergantung pada minat dan keahlian, diantaranya :
- Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer dsb.
- Biro konsultan desain (graphic house)
- Biro iklan (advertising)
- Rumah produksi (production house).
- Stasiun TV.
- Percetakan dan penerbitan.
- Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah.
http://desainkomunikasivisual.com
Posting Komentar